RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 2 Kotabaru
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : VII /1
Standar
Kompetensi : Mendeskripsikan secara tulisan
suatu tempat sesuai gambar.
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan secara
tulisan tempat sesuai dengan gambar.
Indikator : 1. Mendeskripsikan tempat sesuai dengan gambar
Aspek
/ Skill : Menulis (
writing )
Alokasi Waktu : 4x 40 menit ( 2x
pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu:
·
Mendeskripsikan tempat sesuai dengan gambar.
2. Materi Pembelajaran
·
Mendeskripsikan tempat secara tulisan berdasarkan gambar
3. Metode pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Penugasan
4. Sumber dan alat belajar
·
Buku Paket Bahasa Inggris
·
Media gambar : Gambar ( RUMAH SAKIT
)
5. Langkah langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN 1 & 2
a. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan do’a.
- Guru memberikan apresepsi. Contoh : Tanya jawab mengenai
tempat yang dilewati saat berangkat sekolah tadi pagi.
- Guru memberikan motivasi
dengan menjelaskan pentingnya materi yang akan di pelajari berikut
kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
( metode yang
di pakai adalah metode ceramah )
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
-
Guru menjelaskan materi
tentang mendeskripsikan tempat.
Contoh :
Hospital is public place, where the sick
people get the treatment of their sickness.
In hospital , we can meet some specialist doctor, nurses, and a lot of people work there. There are
two kinds of hospital, general hospital and
maternity hospital. Hospital is one of important place for us.
- Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topic/ tema materi yang akan di pelajari .
- Membahas kosakata yang dipakai sesuai dengan materi, seperti
: Public place (tempat umum), big
building (bangunan yang besar), train (kereta), passanger (penumpang), dll.
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
- Membiasakan peserta didik membaca dan menulis kosakata bahasa
inggris.
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas.
- Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, menganalisis, tanpa rasa
takut.
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Memberikan umpan balik positif terhadap keberhasilan peserta
didik.
- Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
- Berfungsi sebagai fasilitator das umber informasi dalam
menjawab petanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar.
- Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum
berpartisipasi aktif.
- Guru bertanya tentang hal hal yang belum diketahui peserta
didik.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Bersama sama dengan peserta didik / sendiri membuat kesimpulan pelajaran.
- Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Instrumen penilaian
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrument/ soal
|
- Bertanya dan menjawab berbagai informasi
1. Menulis kata sesuai dengan objek gambar yang ditampilkan (rumah sakit dan stasiun kereta api)
2. Menyebutkan kosakata yang sesuai dengan objek gambar melalui
tulisan
|
Tes tulisan
Tes tulisan
|
Uraian
Uraian
|
Please write description about
railway station and hospital!
Hospital :
Doctor, nurse,rontgen, ambulance, medicine, drugstore, wheel chair, stethoscope, thermometer.
Train station : passanger, schedule, single ticket, platform, waiting
room, seat, railway line.
|
Rubrik penilaian
No
|
kriteria jawaban
|
Tingkat
|
Skor
|
1
|
Isi
- Sangat memahami, sangat terjabar.
- Memahami, terjabar, meskipun kurang terinci.
-Memaham secara terbatas, kurang lengkap, krang terjabar, kurang
terinci.
-Tidak memahami, tidak mengena.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27-30
22-26
17-21
13-16
|
2
|
Organisasi
-Sangat teratur dan rapi, sangat jelas.
-Teratur dan rapi, jelas.
-Kurang teratur dan rapi
-Tidak teratur
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
3
|
Kosakata
-Sangat luas, penggunaan sangat efektif, sangat menguasai pembentukan
kata, pemilihan kata sangat tepat.
-Luas, efektif, menguasai pembentukan kata, pemilihan kata yang
tepat.
-Terbatas, kurang efektif, kurang menguasai pembentukan kata, pemilihan kata kurang tepat.
-Tidak memahami pembentukan kata, tidak menguasai kata-kata
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
4
|
Bahasa
-Sangat menguasai tata bahasa, sedikit kesalahan.
-Menguasai tata bahasa dan sedikit kesalahaan.
-Kesulitan dalam penggunaan tata bahasa, kesalahan tata bahasa yang
mengaburkan makna
-Tidak menguasai penggunaan, tata bahasa, tidak komunikatif.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22-25
18-21
11-17
5-10
|
5
|
Penulisan
-Sangat menguasai kaidah penulisan dan ejaan.
-Menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan sedikit kesalahan.
-Kurang menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan.
-Tidak menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan,
tulisan sulit di baca
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6
|
Kerapian
-Terbaca, bersih, rapi.
-Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
-Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
-Tidak terbaca, tidak bersiih , tidak rapi.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
Jumlah skor perolehan
Nilai yang diperoleh = (skor pencapaian : skor maksimal)
x 100.
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala sekolah SMPN 2 Kotabaru Bahasa Inggris
Syarifah Sulaiha, S.PD.,M.MPd Euis
Kulsum ,S.Pd
NIP: 1995042620190602095 NIP: 1990052120190602090
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 2 Kotabaru
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ semester : VII /1
Standar
Kompetensi : Mendeskripsikan secara
tulisan tentang seseorang (describing people /Physical Appearance)
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan secara
tulisan tentang seseorang ( describing people).
Indikator : 1. Mendeskripsikan seseorang sesuai dengan
gambar
Aspek
/ Skill : Menulis (
writing )
Alokasi waktu :
4x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu:
·
Mendeskripsikan seseorang sesuai dengan gambar.
2. Materi Pembelajaran
·
Mendeskripsikan seseorang secara tulisan berdasarkan gambar
3. Metode pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Penugasan
4. Sumber dan alat belajar
·
Buku Paket Bahasa Inggris
·
Media gambar : Beberapa gambar laki-laki dan perempuan.
5. Langkah langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN 3 & 4
a. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan doa
- Guru memberikan Apersepsi . contoh :Tanya jawab mengenai seseorang
yang peserta didik temui saat berangkat sekolah tadi pagi.
- Guru memberikan motivasi
dengan menjelaskan pentingnya materi yang akan di pelajari berikut
kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
( metode yang
di pakai adalah metode ceramah )
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi , guru :
- Guru menjelaskan materi
tentang mendeskripsikan seseorang.
Contoh kalimat :
Mr Hendri is my uncle. He is a police in the country. He is 50 years old. He is handsome and tall. He is 185cm. He has pointed nose, curly hair, and white skin. He smart and also nice person.
Mr Hendri is my uncle. He is a police in the country. He is 50 years old. He is handsome and tall. He is 185cm. He has pointed nose, curly hair, and white skin. He smart and also nice person.
- Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topic/ tema materi yang akan di pelajari .
- Membahas kosakata yang dipakai sesuai dengan materi , seperti
:
Tall –short, Slim-fat, white skin-dark
skin, curly hair- straight hair, oval face- rounde
face, pointed nose- flat nose, etc.
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
-
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis kosakata bahasa
inggris.
-
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas .
-
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, menganalisis, tanpa rasa
takut.
-
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Memberikan umpan balik positif terhadap keberhasilan peserta
didik.
-
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
-
Berfungsi sebagai fasilitator dan sumber informasi dalam
menjawab petanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar.
-
Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum
berpartisipasi aktif.
-
Guru bertanya tentang hal hal yang belum diketahui peserta
didik.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
Bersama sama dengan peserta didik / sendiri membuat kesimpulan pelajaran.
-
Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
-
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrument/ soal
|
- Bertanya dan menjawab berbagai informasi
1. menulis kata sesuai dengan objek gambar yang ditampilkan (beberapa
gambar/ foto seseorang)
2. menyebutkan kosakata yang sesuai dengan objek gambar melalui
tulisan
|
Tes tulisan
Tes tulisan
|
Uraian
Uraian
|
-Please write description of Mr Rudy.
- Please write description of Mrs Jeny.
Tall –short,
Slim-fat, white skin-dark skin, curly hair- straight hair, oval face- rounded
face, pointed nose- flat nose, etc.
|
Rubrik penilaian
No
|
kriteria jawaban
|
Tingkat
|
Skor
|
1
|
Isi
- Sangat memahami, sangat terjabar.
- Memahami, terjabar, meskipun kurang terinci.
-Memaham secara terbatas, kurang lengkap, krang terjabar, kurang terinci.
-Tidak memahami, tidak mengena.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27-30
22-26
17-21
13-16
|
2
|
Organisasi
-Sangat teratur dan rapi, sangat jelas.
-Teratur dan rapi, jelas.
-Kurang teratur dan rapi
-Tidak teratur
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
3
|
Kosakata
-Sangat luas, penggunaan sangat efektif, sangat menguasai pembentukan kata, pemilihan kata sangat tepat.
-Luas, efektif, menguasai pembentukan kata, pemilihan kata yang tepat.
-Terbatas, kurang efektif, kurang menguasai pembentukan kata, pemilihan kata kurang tepat.
-Tidak memahami pembentukan kata, tidak menguasai kata-kata
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
4
|
Bahasa
-Sangat menguasai tata bahasa, sedikit kesalahan.
-Menguasai tata bahasa dan sedikit kesalahaan.
-Kesulitan dalam penggunaan tata bahasa, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna
-Tidak menguasai penggunaan, tata bahasa, tidak komunikatif.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22-25
18-21
11-17
5-10
|
5
|
Penulisan
-Sangat menguasai kaidah penulisan dan ejaan.
-Menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan sedikit kesalahan.
-Kurang menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan.
-Tidak menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan, tulisan sulit di baca
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6
|
Kerapian
-Terbaca, bersih, rapi.
-Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
-Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
-Tidak terbaca, tidak bersiih , tidak rapi.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
Jumlah skor perolehan
Nilai yang diperoleh = (skor pencapaian : skor maksimal) x 100.
Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala sekolah SMPN 2 Kotabaru Bahasa Inggris
Syarifah Sulaiha, S.PD.,M.MPd Euis Kulsum ,S.Pd
NIP: 1995042620190602095 NIP: 1990052120190602090
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 2 Kotabaru
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ semester : VII /1
Standar
Kompetensi : Mendeskripsikan secara
tulisan tentang binatang (physical appearance of animal)
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan secara
tulisan tentang tentang binatang (physical appearance of animal)
Indikator : 1. Mendeskripsikan binatang sesuai dengan
gambar
Aspek
/ Skill : Menulis (
writing )
Alokasi
waktu : 4x 40 menit ( 2x
pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu:
·
Mendeskripsikan binatang sesuai dengan gambar.
2. Materi Pembelajaran
·
Mendeskripsikan binatang secara tulisan berdasarkan gambar.
3. Metode pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Penugasan
4. Sumber dan alat belajar
·
Buku Paket Bahasa Inggris
·
Media gambar : Beberapa gambar binatang
5. Langkah langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN 5 & 6
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Salam dan doa
-
Guru memberikan Apersepsi . contoh :Tanya jawab mengenai binatang
yang di miliki oleh peserta didik.
-
Guru memberikan motivasi
dengan menjelaskan pentingnya materi yang akan di pelajari berikut
kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
( metode yang
di pakai adalah metode ceramah )
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi , guru :
-
Guru menjelaskan materi
tentang mendeskripsikan binatang.
Contoh kalimat
:
Giraffes are
one of the world’s tallest mammals. They are well kown for their long neck,
long legs, and spotted pattern. Giraffes
have small “ horns”or knobs on top of
their heads that grow to be five
inches long. That knobs used to protect their head in fight.
-
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topic/ tema materi yang akan di pelajari .
-
Membahas kosakata yang dipakai sesuai dengan materi , seperti
:
Elephant : ivory, trunk, big ears, , big body, tail.
Giraffe : long neck, long legs, spotted
pattern, tail,dll.
-
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain.
-
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
-
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis kosakata bahasa
inggris.
-
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas .
-
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, menganalisis, tanpa rasa
takut.
-
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Memberikan umpan balik positif terhadap keberhasilan peserta
didik.
-
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
-
Berfungsi sebagai fasilitator dan sumber informasi dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar.
-
Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum
berpartisipasi aktif.
-
Guru bertanya tentang hal hal yang belum diketahui peserta
didik.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Bersama sama dengan peserta didik / sendiri membuat kesimpulan pelajaran.
-
Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
-
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Penilaian Hasil pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrument/ soal
|
- Bertanya dan menjawab berbagai informasi
1. menulis kata sesuai dengan objek gambar yang ditampilkan (beberapa
gambar/ foto binatang)
2.menyebutkan kosakata yang sesuai dengan objek gambar melalui tulisan
|
Tes tulisan
Tes tulisan
|
Uraian
Uraian
|
-Please write description of
giraffe!
- Please write description of elephant!
Elephant :
ivory, trunk, big ears, , big body,
tail.
Giraffe : long
neck, long legs, spotted pattern, tail,dll.
|
Rubrik penilaian
No
|
kriteria jawaban
|
Tingkat
|
Skor
|
1
|
Isi
- Sangat memahami, sangat terjabar.
- Memahami, terjabar, meskipun kurang terinci.
-Memaham secara terbatas, kurang lengkap, krang terjabar, kurang terinci.
-Tidak memahami, tidak mengena.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27-30
22-26
17-21
13-16
|
2
|
Organisasi
-Sangat teratur dan rapi, sangat jelas.
-Teratur dan rapi, jelas.
-Kurang teratur dan rapi
-Tidak teratur
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
3
|
Kosakata
-Sangat luas, penggunaan sangat efektif, sangat menguasai pembentukan kata, pemilihan kata sangat tepat.
-Luas, efektif, menguasai pembentukan kata, pemilihan kata yang tepat.
-Terbatas, kurang efektif, kurang menguasai pembentukan kata, pemilihan kata kurang tepat.
-Tidak memahami pembentukan kata, tidak menguasai kata-kata
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
4
|
Bahasa
-Sangat menguasai tata bahasa, sedikit kesalahan.
-Menguasai tata bahasa dan sedikit kesalahaan.
-Kesulitan dalam penggunaan tata bahasa, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna
-Tidak menguasai penggunaan, tata bahasa, tidak komunikatif.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22-25
18-21
11-17
5-10
|
5
|
Penulisan
-Sangat menguasai kaidah penulisan dan ejaan.
-Menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan sedikit kesalahan.
-Kurang menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan.
-Tidak menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan, tulisan sulit di baca
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6
|
Kerapian
-Terbaca, bersih, rapi.
-Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
-Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
-Tidak terbaca, tidak bersiih , tidak rapi.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
Jumlah skor perolehan
Nilai yang diperoleh = (skor pencapaian : skor maksimal) x 100.
Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala sekolah SMPN 2 Kotabaru Bahasa Inggris
Syarifah Sulaiha, S.PD.,M.MPd Euis Kulsum ,S.Pd
NIP: 1995042620190602095 NIP: 1990052120190602090
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 2 Kotabaru
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ semester : VII /1
Standar
Kompetensi : Mendeskripsikan secara
tulisan tentang profesi
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan secara
tulisan tentang profesi.
Indikator : 1. Mendeskripsikan profesi seseorang sesuai
dengan gambar
Aspek
/ Skill : Menulis (
writing )
Alokasi
waktu : 4x 40 menit ( 2x
pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu:
·
Mendeskripsikan profesi seseorang sesuai dengan gambar.
2. Materi Pembelajaran
·
Mendeskripsikan profesi seseorang secara tulisan berdasarkan
gambar
3. Metode pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Penugasan
4. Sumber dan alat belajar
·
Buku Paket Bahasa Inggris
·
Media gambar : Beberapa gambar profesi seseorang
5. Langkah langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN 7 & 8
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Salam dan do'a.
-
Guru memberikan Apersepsi . contoh :Tanya jawab mengenai
profesi orangtua peserta didik.
-
Guru memberikan motivasi
dengan menjelaskan pentingnya materi yang akan di pelajari berikut
kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
( metode yang
di pakai adalah metode ceramah )
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi , guru :
-
Guru menjelaskan materi
tentang mendeskripsikan profesi
seseorang.
Contoh kalimat
:
My aunt is
a teacher in junior high school. Her
name is Wita. Every morning she goes to school by motorcyrcle. She teach Math.
She brings math book on her bag.
-
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topic/ tema materi yang akan di pelajari .
-
Membahas kosakata yang dipakai sesuai dengan materi , seperti
:
Teacher : books, marker, uniform, bag.
Police : badge, uniform, gun, shoes, bag.
-
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain.
-
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
-
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis kosakata bahasa
inggris.
-
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas .
-
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, menganalisis, tanpa rasa
takut.
-
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Memberikan umpan balik positif terhadap keberhasilan peserta
didik.
-
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
-
Berfungsi sebagai fasilitator dan sumber informasi dalam
menjawab petanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar.
-
Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum
berpartisipasi aktif.
-
Guru bertanya tentang hal hal yang belum diketahui peserta
didik.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
Bersama sama dengan peserta didik / sendiri membuat kesimpulan pelajaran.
-
Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
-
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrument/ soal
|
- Bertanya dan menjawab berbagai informasi
1. menulis kata sesuai dengan objek gambar yang ditampilkan (beberapa
gambar/ foto profesi seseorang)
2. menyebutkan kosakata yang sesuai dengan objek gambar melalui
tulisan
|
Tes tulisan
Tes tulisan
|
Uraian
Uraian
|
-Please write description about a teacher.
- Please write description about a police.
Teacher : A person who helps people learn, often works in a classroom, polite.
Police : patrol the areas they are assigned, respond to calls, enforce laws, make arrests, issue citations, and occasionally testify in court cases.
|
Rubrik penilaian
No
|
kriteria jawaban
|
Tingkat
|
Skor
|
1
|
Isi
- Sangat memahami, sangat terjabar.
- Memahami, terjabar, meskipun kurang terinci.
-Memaham secara terbatas, kurang lengkap, krang terjabar, kurang terinci.
-Tidak memahami, tidak mengena.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27-30
22-26
17-21
13-16
|
2
|
Organisasi
-Sangat teratur dan rapi, sangat jelas.
-Teratur dan rapi, jelas.
-Kurang teratur dan rapi
-Tidak teratur
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
3
|
Kosakata
-Sangat luas, penggunaan sangat efektif, sangat menguasai pembentukan kata, pemilihan kata sangat tepat.
-Luas, efektif, menguasai pembentukan kata, pemilihan kata yang tepat.
-Terbatas, kurang efektif, kurang menguasai pembentukan kata, pemilihan kata kurang tepat.
-Tidak memahami pembentukan kata, tidak menguasai kata-kata
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18-20
14-17
10-13
7-9
|
4
|
Bahasa
-Sangat menguasai tata bahasa, sedikit kesalahan.
-Menguasai tata bahasa dan sedikit kesalahaan.
-Kesulitan dalam penggunaan tata bahasa, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna
-Tidak menguasai penggunaan, tata bahasa, tidak komunikatif.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22-25
18-21
11-17
5-10
|
5
|
Penulisan
-Sangat menguasai kaidah penulisan dan ejaan.
-Menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan sedikit kesalahan.
-Kurang menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan.
-Tidak menguasai kaidah penulisan dan ejaan dengan banyak kesalahan, tulisan sulit di baca
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6
|
Kerapian
-Terbaca, bersih, rapi.
-Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
-Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
-Tidak terbaca, tidak bersiih , tidak rapi.
|
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
Jumlah skor perolehan
Nilai yang diperoleh = (skor pencapaian : skor maksimal) x 100.
Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala sekolah SMPN 2 Kotabaru Bahasa Inggris
Syarifah Sulaiha, S.PD.,M.MPd Euis Kulsum ,S.Pd
NIP: 1995042620190602095 NIP: 1990052120190602090
Created by Euis Kulsum and Syarifah Sulaiha
University of Indraprasta PGRI Jakarta
No comments:
Post a Comment